the killers blood

Sabtu, 18 Februari 2012

membuat musik karaoke sendiri

ada posting yang terdahulu (Cara Membuat Musik Karaoke dengan Karaoke Anything 1.0), pernah saya uraikan cara membuat musik karaoke sendiri menggunakan aplikasi Karaoke Anything 1.0.
Dari hasil jalan-jalan ke dunia maya saya menemukan satu lagi aplikasi pengolah suara (AudacityWin Unicode 1.3.13) yang cukup bagus dan Freeware pula, dan software ini berkemampuan membuat musik karaoke, karena fiturnya yang dapat memisahkan dengan baik track suara vocal dan musik dari sebuah file MP3. Tentu saja yang ini lebih canggih daripada yang sebelumnya, karena penghilangan suara vocal bisa dilakukan dengan cara manual yaitu dengan mengatur frekwensi suara yang akan dihilangkan (Removal Frequency Band).
Mari kita lanjutkan, syarat yang paling utama agar hasil musik karaoke anda optimal adalah mutu dari MP3 sumber , kualitas MP3 harus yang bagus dan Stereo, saya sarankan MP3 di “grab” dan di kompresi dari CD Audio. Karena kita harus benar-benar menghilangkan suara vocal si penyanyi tanpa sisa sedikitpun, kebanyakan aplikasi lain sebagai voice remover masih meninggakan sisa-sisa suara vocal walaupun kecil.
AudacityWin Unicode 1.3.13 digunakan besamaan dengan Lame v3.9x.x for Audacity, keduanya dapat anda download disini. Aplikasi ini dapat dijalan di Operating System Windows, Mac Os, dan Linux. Saya akan menguraikan yang dijalankan dengan Operating System Windows saja.
Klik image untuk memperbesar
Setelah anda men-download dan meng-install kedua program tadi ( AudacityWin Unicode 1.3.13 & Lame v3.9x.x for Audacity ), setelah semua berjalan dengan lancar, sekarang jalankan Audacity : Open | File | cari file MP3 yang akan kita pisahkan (split) suara vocalnya .

Berikutnya adalah proses menghilangkan suara vocal dari MP3 : Klik Effect | Vocal Remover (for center-panned….)
Kemudian akan muncul box Vocal Remover dengan menu-menu pilihannya, pada kotak pilihan Removal Choice ada tiga pilihan yaitu :
1.       Simple (entire spectrum)
2.       Removal frequency band
3.       Retain frequency band
Klik image untuk memperbesar
Untuk tahap permulaan kita menggunakan opsi nomor 1 yang sederhana saja, kadang-kadang kualitas MP3 yang kurang baik akan menyebabkan suara vocal tidak bisa dihilangkan sama sekali, sedangkan untuk musik karaoke hal ini tidak boleh terjadi, jika anda sudah terbiasa dengan aplikasi ini, dengan kata lain anda telah menguasai program ini, anda bisa mencoba melakukan penghapusan suara vocal secara semi manual yaitu menggunakan opsi nomor 2 diatas (Removal frequency band). Pada pilihan Removal frequency band anda bisa menghilangkan suara vocal sesuai dengan input bilangan frekwensi suara manusia (vocal) pada file yang sedang anda kerjakan. Anda tinggal merubah angka Frequency band lower and upper limit (Hz). Jika kombinasi frekwensi yang anda masukkan misalnya 600 2100 ternyata gagal, cobalah dengan kombinasi frekwensi yang lain sampai suara vocal benar-benar hilang.
Klik gambar untuk memperbesar
Sebelum anda menyimpan file olahan anda, sebaiknya anda rubah Pitch dari lagu tadi. Pengaturan Pitch berguna untuk menaikkan atau menurunkan nada dasar dari penyanyi asli. Pada umumnya penyanyi asli memiliki nada dasar yang tinggi pada musiknya, jadi sesuaikan terlebih dahulu Pitch-nya dengan level suara anda sebelum di simpan atau di burn kedalam CD, supaya anda tidak megap-megap ketinggian pada waktu bernyanyi nantinya.
Klik image untuk memperbesar
Kemudian simpanlah file anda kedalam format yang anda kehendaki, AudacityWin Unicode 1.3.13 menyediakan beberapa format audio yang umum seperti AMR, Wav, MP3, M4A (AAC) dan  beberapa format lainnya.
Cara menyimpan file : File | Export | kemudian tuliskan nama file dan pilih format file, lalu SAVE dah…..
Selamat mencoba, semoga bermanfaat………..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mav'jika da kesalahan atau apapun tolong kalian komentari blog saya,trimakasih